Silakan beri komentar dan pendapat anda. Kepada yang sudah mengirimkan komentar diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Salam, Didik Prihananto.

Sabtu, 29 November 2008

PENGUMUMAN AKHIR CPNS DEPARTEMEN PERHUBUNGAN FORMASI TAHUN 2008

PENGUMUMAN KELULUSAN AKHIR SELEKSI/TES PENGADAAN CPNS DEPARTEMEN PERHUBUNGAN FORMASI TAHUN 2008

Hasil Kelulusan Akhir Seleksi/Tes Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kualifikasi Pendidikan D.IV, S-1, S-2, serta D-III, D-II, dan D-I Gabungan Eselon I. Serta D-III Ke bawah Ditjen Perhubungan Udara, Ditjen Perhubungan Laut dan BASARNAS

Hasil Kelulusan Akhir Seleksi/Tes Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibagi menjadi 5 kategori antara lain

1. Kualifikasi Pendidikan Tingkat Sarjana S-1, S-2 DAN D-IV
2. Kualifikasi Pendidikan Tingkat D-III, D-II, dan D-I Gabungan Unit Kerja Eselon I
3. Kualifikasi Pendidikan Tingkat D-III ke bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
4. Kualifikasi Pendidikan Tingkat D-III ke bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
5. Kualifikasi Pendidikan Tingkat D-III ke bawah Badan SAR Nasional

Daftar Nama Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Departemen Perhubungan Formasi Tahun 2008 yang dinyatakan lulus seleksi tahap akhir dapat dilihat atau di download pada link di bawah ini

  1. Daftar Nama Pelamar Untuk Kualifikasi Pendidikan Tingkat Sarjana S-1, S-2 DAN D-IV
  2. Daftar Nama Pelamar Untuk Kualifikasi Pendidikan Tingkat D-III, D-II, dan D-I Gabungan Unit Kerja Eselon I
  3. Daftar Nama Pelamar Untuk Kualifikasi Pendidikan Tingkat D-III ke bawah Ditjen Perhubungan Laut
  4. Daftar Nama Pelamar Untuk Kualifikasi Pendidikan Tingkat D-III ke bawah Badan SAR Nasional

Khusus Daftar Nama Pelamar Untuk Kualifikasi Pendidikan Tingkat D-III ke bawah Ditjen Perhubungan Udara dibagi per wilayah sebagai berikut

  1. Bandara Fatmawati Soekarno - Bengkulu
  2. Bandara Sultan Babullah - Ternate
  3. Bandara Mau Hau - Waingapu
  4. Bandara Juwata - Tarakan
  5. Bandara Sentani - Jayapura
  6. Bandara Woltermonginsidi - Kendari
  7. Bandara Mopah - Merauke

Baca lanjutannya .....

Senin, 24 November 2008

I Love You (Berbagai Bahasa)


Bagaimana manusia se dunia ini mengatakan “I Love U” dalam Bahasa mereka masing-masing?

Afrika - Ek het jou lief
Albania - Te dua
Arab - Ana behibak (kepada pria)
Arab - Ana behibek (kepada wanita)
Armenia - Yes kez sirumen
Bambara - M'bi Fe
Bengali - Ami tomake bhalobashi
Belanda - Ik hou van jou
Belarusia - Ya tabe kahayu
Bisaya - Nahigugma ako kanimo
Bulgaria - Obicham Te
Cina Canton - Ngo oiy Ney a
Cina Mandarin - Wo ai ni
Catalan - T’estimo
Cherokee - Tsi Ge yu i
Cheyenne - Ne mohotatse
Chichewa - Ndimakukonda
Corsica - Ti tengu caru (to male)
Creol - Mi aime jou
Ceko - Miluji Te

Denmark - Jeg Elsker Dig
Elvish (Bahasa Elf) - Amin mela lle - dari film The Lord of The Rings
Esperanto - Mi amas vin
Estonia - Ma armastan Sind
Ethiopian - Afgreki'
Faroese - Eg elski teg
Farsi - Doset daram
Filipina - Mahal kita
Finnish - Mina rakastan sinua
Frisian - Ik hâld fan dy
Gaelic - Ta gra agam ort
Georgia – Mikvarhar
Greek - S'agapo
Gujarati - Hoo thunay prem karoo choo
Hiligaynon - Palangga ko ikaw
Hawaii - Aloha Au Ia`oe
India - Hum Tumhe Pyar Karte hae
Inggris - I love you
Hopi - Nu' umi unangwa'ta
Hungaria - Szeretlek
Icelandia - Eg elska tig
Ilonggo - Palangga ko ikaw
Indonesia - Aku cinta kamu
Inuit - Negligevapse
Irish - Taim i' ngra leat
Italia - Ti amo
Jepang - Aishiteru atauanata ga daisuki desu
Jerman - Ich liebe dich
Jerman- Swiss - Ich lieb Di
Kamboja - Soro lahn nhee ah
Kannada - Naanu ninna preetisuttene
Kapampangan - Kaluguran daka
Kiswahili - Nakupenda
Konkani - Tu magel moga cho
Korean - Sarang Heyo atau Nanun tangshinul sarang hamnida
Kroasia - Volim Te
Latin - Te amo
Latvia - Es tevi miilu
Libanon –Bahibak
Lithuania - Tave myliu
Luxembourg - Ech hun dech gaer
Macedonia - Te Sakam
Malaysia - Saya cintakan mu atau Aku cinta padamu
Malayalam - Njan Ninne Premikunnu
Maltese - Inhobbok
Marathi - Me tula prem karto
Mohawk (Suku Indian) - Kanbhik
Maroko - Ana moajaba bik
Nahuatl - Ni mits neki
Navaho - Ayor anosh’ni
Norwegia - Jeg Elsker Deg
Pandaca - Syota na kita!!
Pangasinan - Inaru Taka
Papiamento - Mi ta stimabo
Persia - Doo- set daaram
Pig Latin - lay ovlay ouyay
Polandia - Kocham Ciebie
Portugis - Eu te amo
Prancis - Je t’aime, Je t’adore
Rumania - Te iubesc
Russia - Ya tebya liubliu
Scot Gaelic - Tha gradh agam ort
Serbia - Volim te
Setswana - Ke a go rata
Sindhi - Maa tokhe pyar kendo ahyan
Sioux - Techihhila
Slovak - Lubim ta
Sloven ian - Ljubim te
Spanyol - Te quiero atau Te amo
Swahili - Ninapenda wewe
Swedia - Jag alskar dig
Suriname - Mi lobi joe
Tagalog - Mahal kita
Taiwan - Wa ga ei Ii
Tahitian - Ua Here Vau Ia Oe
Tamil - Nan unnai kathalikaraen
Teluciu - Nenu ninnu premistunnanu
Thailan - Chan rak khun (kepada pria)
Thailan - Phom rak khun (kepada wanita)
Thailan (informal) - Rak te
Turki - Seni Seviyorum
Ukrainia - Ya tebe kahayu
Urdu - mai aap say pyaar karta hoo
Vietnam - Anh ye’u em (kepada wanita)
Vietnam - Em ye’u anh (kepada pria)
Welsh - ‘Rwy’n dy garu di
Yiddish - lkh hob dikh
Yoruba - Mo ni fe

Baca lanjutannya .....

Sabtu, 22 November 2008

Bagaimana mengetahui adanya angin puting beliung ?

Bagaimana mengetahui adanya angin puting beliung ?
Bagaimana mengetahui adanya angin kencang/ puting beliung
Oleh. Drs. Achmad Zakir, AhMG

Puting beliung biasa terjadi pada :

  1. - Pancaroba baik dari hujan kekemarau maupun sebaliknya,
  2. - Musim penghujan dengan kriteria sbb :
  • 1 – 2 atau lebih kondisi cuacanya clear atau panas, biasanya hujan pada hari berikutnya akan lebat disertai petir dan angin kencang.
  • Biasanya pada Pagi hari cerah dan berawan, maka sore harinya berpeluang terjadi angin kencang/puting beliung


Sifat angin puting beliung :
  • Tidak bisa diprediksi secara spesific, hanya peluang dalam batasan wilayah , setelah melihat atau merasakan tanda-tandanya baru bisa diprediksi 0.5 – 1jam sebelumnya dengan tingkat kekuatan kurang dari 50 % (berdasarkan pengalaman)
  • Angin puting beliung hanya berasal dari awan Cumulusnimbus (CB), bukan dari pergerakan angin monsun maupun pergerakan angin pada umumnya, sehingga dapat dapat berpindah/bergeser seusai dengan tekanan tinggi ke tekanan rendah dalam skala luas
  • Tidak semua jenis awan CB menimbulkan puting beliung, karena sangat mikro maka sulit membedakannya, secara teori puting beliung beasal dari jenis awan CB bersel tunggal, super sel dan multisel, kesemuanya itu hanya dapat dilihat dilapangan terbuka bukan dari teori monsun atau siklon atau model cuaca.
  • Suatu daerah atau tempat terlanda puting beliung maka kecil kemungkinan terjadi yang kedua kalinya, atau tidak ada puting beliung susulan karena berasal dari awan CB yang sifat tumbuhnya tergantung dari intensitas konvektif yang juga sulit diperkirakan.
  • Sangat local,bergerak secara garis lurus,waktunya singkat sekitar 3 menit dan tiba-tiba,terjadi pada siang atau sore hari,malam jarang terjadi
  • Puting Beliung sangat sulit diprediksi, namun tanda-tandanya dapat diketahui di luar rumah
  • Terjadi pada tanah lapang yang vegetasinya kurang
  • Jarang terjadi pada daerah perbukitan atau hutan yang lebat

Dampak kerusakan yang ditimbulkan angin puting beliung
  • Biasanya hanya menghantam rumah non permanent atau rumah yang beratap seng/asbes maupun pelepah daun nipah serta rumah bedeng
  • atap rumah berterbangan
  • Pohon yang rapuh


Antisipasi :
  • Jika terdapat pohon yang rimbun dan tinggi serta rapuh agar segera ditebang untuk mengurangi beban berat pada pohon tersebut
  • Perhatiakan atap rumah yang sudah rapuh, karena pada rumah yang rapuh sangat mudah sekali terhempas, sedangkan pada rumah yang permanent, kecil kemungkinan terhempas.
  • Apabila melihat awan yang tiba-tiba gelap, semula cerah sebaiknya untuk tidak mendekati daerah awan gelap tersebut
  • Cepat berlindung atau menjauh dari lokasi kejadian, karena peristiwa fenomena tersebut sangat cepat
  • Untuk jangka panjang pohon dipinggir jalan diganti dengan pohon akar berjenis serabut seperti pohon asem, pohon beringin dsb.

Baca lanjutannya .....

Jumat, 21 November 2008

Lion dan Sriwijaya Air akan Tambah Pesawat

Berita yang diperoleh dari media masa, maskapai penerbangan Sriwijaya Air akan menambah armadanya dengan 10 pesawat Boeing sampai akhir April 2009. Armada baru tersebut, selain akan digunakan untuk melayani rute ke luar negeri beberapa pesawat baru tersebut juga akan melayani rute-rute Indonesia bagian Timur. Pesawat yang direncanakan semuanya produksi oleh Boeing tahun 2000 ke atas (kemungkinan yaitu Boeing 737-300, 737-400 dan Boeing 737-700).

Beberapa waktu yang lalu Sriwijaya juga menambah rute Medan-Penang tiap hari. Direncanakan dengan adanya tambahan armada baru tersebut, Sriwijaya juga akan membuka rute ke Bangkok, Singapura dan Madras. Pelayanan rute-rute baru tersebut akan diawali dengan penerbangan Jakarta-Singapura tanggal 18 Desember 2008.

Untuk rute Indonesia timur juga akan dilayani pesawat baru ini yang mana diharapkan pada April 2009 semua pesawat itu sudah ada di Jakarta. Dana yang digunakan untuk membeli 10 pesawat tersebut adalah dari dana internal perusahaan sendiri. Dengan tambahan pesawat baru ini, Sriwijaya menargetkan jumlah penumpang akan mencapai 4,5 hingga 4,8 juta orang hingga akhir tahun.

Selain Sriwijaya, Perusahaan penerbangan Lion Air juga berencana membeli 20 unit pesawat angkut ringan dari produsen pesawat asal Perancis, ATR, untuk melayani rute-rute perintis, baik di wilayah barat maupun wilayah timur Indonesia. Rencananya semua pesawat tersebut akan dioperasikan oleh anak perusahaan Lion, yaitu Wings Air. Kedatangan ke-20 unit pesawat itu akan dilakukan secara bertahap setiap tahun. Pesawat pertama direncanakan tiba di Indonesia pada Juni 2009.Keduapuluh pesawat itu akan melayani rute-rute perintis, antara lain tujuan Lhokseumawe, Toli-toli, dan Merauke. Masing-masing pesawat memiliki kapasitas sekitar 70 kursi dan ini merupakan jenis pesawat terbaru yang dikeluarkan pihak ATR. Selama ini sudah banyak produk ATR yang di pakai, tetapi bukan produksi terbaru dari pabrik. Kesepakatan pembelian 20 unit pesawat angkut ringan itu dituangkan dalam nota kesepahaman antara pihak Lion Air dan ATR di stand Lion Air di Pameran Pertahanan dan Dirgantara Indonesia. Penandatangan dilakukan Dirut PT Lion Air Rusdi Kirana dan Wakil Direktur Pemasaran ATR Jacques Desbarats disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Lion Air Buka Rute Jakarta-Jeddah Tahun Depan
Lion Air memastikan akan membuka rute baru Jakarta-Jeddah pada Maret 2009 atau mundur dari rencana tahun ini karena alasan operasional. Izin dari kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi sudah didapat. Namun, untuk persiapan operasional seperti personil dan 'ground handling', akan siap layani Maret 2009. Pada tahap awal Lion mengincar 10 frekuensi penerbangan ke negara itu, tetapi pada Maret 2009 akan terealisasi satu kali per hari per pekan. Sebelumnya, Lion disebut-sebut mengajukan 10 ijin penerbangan. Untuk pesawat yang digunakan sampai sekarang opsinya adalah dua atau tiga pesawat B 747 atau B 777. Jika kedua jenis pesawat ini tak bisa, maka kami gunakan B737-900ER dengan singgah mengisi avtur di Bangkok atau Madras, India.

Maskapai Baru
Selain itu, saat ini terdapat sebanyak 10 ijin penerbangan sedang diproses di Ditjen Perhubungan Udara. Jika ijin operasional sudah didapatkan, maka dapat menambah persaingan dan jumlah operator pesawat yang sekarang ini sudah beroperasi. Total maskapai yang sudah beroperasi saat ini ada 49 perusahaan, terdiri dari penerbangan niaga berjadwal dan carter.

Kesepuluh ijin tersebut adalah :
Maskapai Carter : Asia Link Cargo, Armindo, Enggang, Global Madya Kencana, Atlas Delta Aviation, Jhonlin Air Transport
Maskapai Niaga Berjadwal: Travira dan North Aceh
Penerbangan Bukan Niaga: NAM dan Dirgantara Indonesia

Baca lanjutannya .....

Untung Nyangkut

Suatu hari ada pengambilan gambar foto model, lokasi pengambilan di atas gedung dan di pinggir.
nah lo.... si foto model kepleset jatuh, gimana selanjutnya? lihat gambar berikut ini aja


Baca lanjutannya .....

Rabu, 19 November 2008

Bandara Ngurah Rai 'The Best Tourism Airport'

NGURAH RAI DIPROYEKSIKAN MENJADI 'THE BEST TOURISM AIRPORT'

Bandara internasional Ngurah Rai, Bali diproyeksikan menjadi The Best Tourism Airport alias bandara pariwisata terbaik di dunia. Untuk mewujudkan itu, PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Ngurah Rai telah menyiapkan dana sedikitnya Rp2,5­3 triliun. Sedangkan proses pembangunannya akan ditawarkan kepada pihak swasta.

”Dari total dana tersebut, Rp1,3 triliun akan kita gunakan untuk membangun terminal. Sedangkan sisanya untuk membangun sarana penunjang,” jelas Direktur Utama PT AP I Bambang Darwoto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (17/11).

Pada saatnya nanti, jelas Bambang, pihaknya akan membongkar total terminal domestik bandara dengan pergerakan penumpang luar negeri terbesar di Indonesia tersebut. ”Setelah jadi, terminal baru itu akan kita jadikan terminal internasional. Sekarang luasnya 10.905 meter persegi, nanti akan diperluas menjadi 74.500,” kata Bambang. Penggarapan terminal ini direncakanan akan dimulai Juni 2009 hingga Juni 2011.
Sementara untuk menampung pergerakan penumpang domestik, PT AP I akan mengalihfungsikan terminal internasional yang ada saat ini sebagai terminal domestik. Luas terminal tersebut mencapai 63.246 meter persegi.

Saat ini, lanjut Bambang, existing terminal internasional Bandara Ngurah Rai mampu menampung 7,6 juta penumpang per tahun. ”Setelah dibangun nanti, ditargetkan akan mampu menampung 12,6juta penumpang per tahun,” kata dia.

Selain merombak terminal, PT AP I juga juga akan membangun fasilitas pendukung sebagai pelengkap. Antara lain membangun gedung parkir, pembuatan apron seluas 56.000 meter persegi, pembuatan fly over (drop off zone), pembuatan jembatan penghubung ke terminal, pembuatan jalan dan toll gate, serta pembuatan sarana utilitas luar gedung.

Tak hanya itu, di areal Bandara Ngurah Rai juga direncanakan bakal dibangun area komersial area seperti mall. ”Kita harapkan, Ngurah Rai bisa seperti Bandara Changi, Singapura. Pembangunannya kami akan tawarkan kepada pihak swasta. Total dana pembangunan Ngurah Rai antara Rp2,5 sampai 3 triliun,” ujarnya.

Sementara itu, saat ini PT AP I juga tengah melakukan pembangunan Bandara Lombok Baru di wilayah NTB seluas 538,8 hektare, dengan runway berukuran 45x2.750 meter. Luas terminal domestik yang disiapkan di bandara 11.500 meter persegi, dan internasional 6.000 meter persegi. ”Untuk arena parkirnya kamis sediakan lahan seluas 17.500 meter persegi,” sambung Bambang.

Proyek pembangunan Lombok Baru telah berlangsung sejak Juli 2006. September tahun depan, proyek pembangunan bandara senilai Rp665,219 miliar ini ditargetkan rampung. ”Dananya hasil patungan. Dari kami sebesar 515 miliar, Pemprov NTB Rp110 miliar dan Pemda Lombok Tengah Rp40 miliar,” jelas Bambang.

Selain itu, AP I juga sedang merampungkan pengembangan Bandara Adi Sumarmo, Solo, yang ditargetkan rampung Januari 2009. Total dana yang disiapkan untuk proyek ini mencapai Rp121 miliar. Pengembangan yang dilakukan meliputi penambahan panjang runway menjadi 2.650 meter, luas terminal 2.192 meter persegi dan area parkir 35.800 meter persegi. Bandara ini diorientasikan mampu menampung 2.107 juta pergerakan penumpang dalam setahun.

”Saat ini kami juga tengah melakukan persiapan untuk melakukan penyempurnaan Bandara Hasanuddin Makassar, tahun depan. Kami akan siapkan dana tambahan untuk itu sekitar Rp50 miliar,” pungkas Bambang.

Sumber : Dephub

Baca lanjutannya .....

Senin, 17 November 2008

Gambar Lucu

Ringkasan ini tidak tersedia. Harap klik di sini untuk melihat postingan.

Baca lanjutannya .....

Sabtu, 15 November 2008

Hari Libur & Cuti Bersama Tahun 2009

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia

  • NOMOR : 4 TAHUN 2008
  • NOMOR : KEP. 115/ MEN/VI/2008
  • NOMOR : SKB/06/M. PAN/6/2008
TENTANG HARI-HARI LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA TAHUN 2009

ditetapkan hari libur dan cuti bersama pada tahun 2009 adalah sebagai berikut:

HARI LIBUR TAHUN 2009
  1. 01 Januari : Tahun Baru Masehi
  2. 26 Januari : Tahun Baru Imlek 2560
  3. 09 Maret : Maulid Nabi Muhammad SAW
  4. 26 Maret : Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1931
  5. 10 April : Wafat Yesus Kristus
  6. 09 Mei : Hari Raya Waisak Tahun 2553
  7. 21 Mei : Kenaikan Yesus Kristus
  8. 20 Juli : Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
  9. 17 Agustus : Hari Kemerdekaan RI
  10. 21-22 September : Idul Fitri 1 Syawal 1430 Hijriyah
  11. 27 Nopember : Idul Adha 1430 Hijriyah
  12. 18 Desember : Tahun Baru 1431 Hijriyah
  13. 25 Desember : Hari Raya Natal
CUTI BERSAMA TAHUN 2009
  1. 02 Januari : Cuti Bersama Tahun Baru Masehi
  2. 18 September : Cuti Bersama Idul Fitri
  3. 23 September : Cuti Bersama Idul Fitri
  4. 24 Desember : Cuti Bersama Natal
Makanya siap-siap buat rencana liburan di tahun 2009.


File SKB 3 Menteri dapat dilihat disini :



Baca lanjutannya .....

Kamis, 13 November 2008

Pengumuman Seleksi Tertulis CPNS Dephub 2008 Tingkat Sarjana

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TERTULIS CPNS DEPHUB TAHUN ANGGARAN 2008

KELULUSAN SELEKSI TERTULIS PENGADAAN CPNS DEPARTEMEN PERHUBUNGAN TAHUN 2008 KUALIFIKASI PENDIDIKAN TINGKAT SARJANA (D.IV, S-1, S-2) PADA 5 KOTA (JAKARTA, SEMARANG, SURABAYA, MEDAN DAN MAKASSAR)

  1. Berdasarkan hasil pengolahan Lembar Jawaban Komputer peserta Seleksi Tertulis Pengadaan CPNS Departemen Perhubungan Tahun 2008, maka telah ditetapkan kelulusan seleksi tertulis.
  2. Bagi yang dinyatakan Lulus Seleksi Tertulis berhak untuk mengikuti seleksi lanjutan berupa Seleksi Keahlian dan Keterampilan (psikotest) dan wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 November 2008 untuk lokasi Jakarta dan pada tanggal 18 November 2008 untuk lokasi Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar.
  3. Pada saat Seleksi Keahlian Dan Keterampilan peserta diwajibkan membawa : TANDA PESERTA SELEKSI (TPS) / KARTU UJIAN ASLI, IJAZAH ASLI / LEGALISIR ASLI, PAPAN ALAS TULIS, PENSIL HB, PENSIL 2B

Informasi lebih lanjut, download :
Informasi Penerimaan CPNS Depbub 2008
Pengumuman Seleksi Administrasi 5 Kota
Pengumuman Seleksi Tertulis


Sumber : http://www.dephub.go.id/

Baca lanjutannya .....

Rabu, 12 November 2008

Usia Pesawat Di Indonesia


cape dech..... dah tua nich..

Usia rata-rata pesawat yang ada di Indonesia dan dipergunakan untuk angkutan udara niaga (baik berjadwal maupun tidak berjadwal) relatif sudah tua.
Berkaitan dengan armada pesawat yang dioperasikan oleh perusahaan angkutan udara niaga, di Indonesia telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 05 tahun 2006 tentang peremajaan armada pesawat udara kategori transport untuk angkutan udara penumpang, yaitu:

  • pesawat yang boleh didaftarkan pertama kali di Indonesia harus berusia maksimal 20 tahun dan tidak lebih dari 50.000 kali pendaratan
  • pesawat yang boleh beroperasi di Indonesia harus berusia maksimal 35 tahun dan tidak lebih dari 35.000 kali pendaratan.

Untuk keperluan operasi, maka jumlah pesawat yang akan dioperasikan ditentukan :
  • untuk angkutan udara niaga berjadwal sekurang-kurangnya memiliki 2 unit pesawat dan menguasai 3 unit,
  • untuk angkutan udara niaga tidak berjadwal sekurang-kurangnya memiliki 1 unit dan menguasai 2 unit,
  • untuk angkutan kargo minimal menguasai 2 unit pesawat.

(sumber : airfleet.net)

Berdasarkan data tersebut usia rata-rata pesawat adalah 17,32 tahun.

Baca lanjutannya .....

Logo Ekor Airline Internasional



Bila kita melihat pesawat terbang sipil, dapat kita lihat bahwa setiap pesawat pada bagian ekornya dibubuhi logo dari perusahaan operatornya. Berikut adalah gambar dari logo-logo ekor pesawat milik airline internasional.
Mau tau logo beberapa airlines internasional, baca terus...













































Ada yang unik juga.. gambar lalat ada gambar babi,.... yang punya babi kok gak ikutan nich...









Ini juga satunya Virgin tapi satunya Slat (Slattern)










Baca lanjutannya .....